Selasa, 21 April 2015

Ikuti Kompetisi Fotografi Pesona Kepri

batampos.co.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri bersama Batam Pos Entrepreneur School (BPES) juga menggelar Photo Competition atau kompetisi fotografi dalam rangkaian Creating Wonderful Kepri (CWK). Kompetisi fotografi ini mengangkat tema Fotografi 99 Pesona Wonderful Kepri.

Koordinator Photo Competition, Iman Wachyudi mengatakan, bagi yang memiliki hobi foto maupun fotografer profesional, bisa mengikuti kompetisi fotografi dengan konten foto mengangkat pesona Kepri.

”Tunjukkan prestasi fotografi sekaligus menggali pesona Kepri untuk mendukung pengembangan kepariwisataan,” kata Iman, Jumat (17/4).


Syarat untuk kompetisi foto ini, kata Iman, karya sendiri dari konten foto adalah 99 Pesona Wonderful Kepri dengan kategori wonderful nature (beach, underwater, landscape, fauna, island, flora, waterfall), wonderful art dan culture, wonderful people, wonderful culinary, wonderful price, Wwnderful event, wonderful creative, wonderful heritage, wonderful leisure, dan entertaiment, hotel dan resort, golf dan SPA.

Iman menuturkan, peserta juga diperkenankan melakukan olah photoshop tapi sebatas editing minor. Peserta tidak diperkenankan menggunakan filter kreatif ND, CPL, GND, IR, dan sejenisnya. Setiap foto diwajibkan memiliki exif data seperti tipe kamera, lensa, dan data teknis lainnya. ”Semua foto harus orisinil tanpa olahan digital,” imbuhnya.

Dia mengatakan, foto bebas, warna atau hitam putih tanpa editing kamera (built-in software) dan tidak diperkenankan menggabungkan sebagian atau seluruh unsur foto lain.

”Peserta berusia di bawah 35 tahun, berasal dari Kepri dan berbagai daerah lainnya se-Indonesia. Yang penting harus sesuai dengan tema 99 Pesona Wonderful Kepri,” ungkapnya.

Sedangkan untuk penulisan file foto WK_NAMA_Judul, misal WK_Toni_Sunset. Foto dapat dikirimkan melalui email  Cwk.competition@gmail.com / bpes.online@gmail.com atau dapat diserahkan hardcopy minimal 5MB ke Graha Pena Lantai 9, kantor BPES atau hubungi 0778-460-755, BPES Care 0819 9082 6989 / 0812 6184 3293 / 081364300218.

”Setiap peserta berhak mengirimkan maksimal 10 foto dan minimal 5 foto. Foto yang dikirim dilengkapi surat pernyataan, identitas diri, alamat, nomor hape, dan email dalam bentuk notepad atau word,” paparnya.

Pengambilan foto dalam kurun waktu 2010-April 2015, untuk pengumpulan foto paling lambat 10 Mei 2015, sedangkan untuk penjurian 11 Mei-1 Juni 2015 dan pengumuman, penyerahan hadiah dan pameran foto akan dilaksanakan 7 Juni 2015 pada Holy Festival 2015.

”Panitia berhak menggunakan seluruh foto peserta lomba untuk kepentingan publikasi Provinsi Kepri,” sambung Iman lagi.

Untuk hadiah dan penghargaa, Juara I mendapat piagam penghargaan dan uang tunai Rp 7 juta, Juara II piagam dan uang Rp 5 juta, dan Juara III piagam dan uang Rp 3 juta. Juara harapan I piagam dan uang Rp 2 juta, harapan II piagam dan uang Rp 1,5 juta, dan harapan III piagam dan uang Rp 1 juta. Piagam penghargaan dari Menteri Pariwisata.

Kepala Dispar Provinsi Kepri, Guntur Sakti mengimbau para komunitas fotografer untuk bisa menciptakan foto-foto yang baru dengan mengusung tema pariwisata untuk meningkatkan pariwisata di Kepri.

”Sekaranglah waktunya, maka manfaatkanlah momen ini untuk menciptakan hasil karya foto-foto dengan tema CWK untuk meningkatkan wisata Kepri khususnya,” ungkapnya.  (cr12/bpos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar