Selasa, 24 Maret 2020

Anda pelaku UMKM ? Mau tetap Cuan meski Work From Home ?

Yuk simak penjelasan di bawah ini !

Kebijakan melakukan kegiatan dari rumah yang diserukan oleh Presiden Joko Widodo guna menekan kasus penyebaran COVID-19 mengharuskan para pekerja menerapkan konsep work from home. Bukan hanya perusahaan besar, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pun harus mengurus bisnis dari rumah.

Tak dipungkiri, kondisi ini membuat pelaku UMKM khawatir akan stabilitas bisnis mereka. Namun, masih ada cara yang dapat dilakukan pelaku UMKM agar tetap cuan tanpa ketakutan. Apa saja?

  1. Jaga intensitas komunikasi dengan pelanggan atau klien manfaatkan aplikasi dan software yang ada. Gunakan aplikasi messenger dengan fitur voice call dan video call  sehingga komunikasi dapat tetap berjalan tanpa kehilangan momen bertatap muka.
  2. Manfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Maksimalkan penggunaan media sosial untuk memasarkan bisnis. Pastikan Anda membuat konten yang menarik agar cepat viral.
  3. Digitalisasi bisnis menjadi pilihan penting untuk meningkatkan performa bisnis pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis. Setidaknya, terdapat tiga alasan mengapa digitalisasi bisnis begitu penting. Pertama, digitalisasi bisnis dapat meringkas proses pekerjaan sehingga lebih hemat waktu dan efisien. Kedua, pelaku usaha dapat meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dengan menggunakan software bisnis. Ketiga, kemajuan teknologi mempermudah pengelolaan dalam banyak hal, antara lain pembuatan invoice. (sk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar